28 Mei 2011

Hakikat Doa


QS Al Mu’min(40) : 60
“ Dan Tuhanmu berfirman, “ Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang  sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina “

QS Al A’raf (7) : 55
“ Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut.  Sungguh  Dia tidak menyukai orang-orang  yang melampaui batas. “

Hadist Riwayat Tirmidzi
“ Mintalah kepada Allah akan keutamaan-Nya  atau kemurahan-Nya karena sesungguhnya Allah sangat senang dimintai oleh hamba-Nya. “

QS Al Baqarah (2) : 186
“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat.  Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku.  Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.

Jadi syarat doa dikabulkan antara lain adalah :
  • Harus bersungguh-sungguh dalam memintanya
  • Penuhilah perintah-perintah-Nya
  • Dan berimanlah kalian kepada-Ku (lisan, hati dan perbuatan)


Jenis-jenis doa dikabulkan :
  1. Kontan, diberikan seluruhnya selama di dunia
  2. Ditangguhkan untuk diberikan nanti di akhirat
  3. Diberikan di dunia dan di akhirat
  4. Digantikan dengan yg lebih baik menurut Allah SWT(karena versi kita tdk sesuai dg versi Allah SWT), QS Al Baqarah (2) : 216 “Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu.  Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu.  Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”

Adab – adab berdoa
1.     Ikhlas
2.     Istighfar
3.     Dimulai dengan memuji kepada Allah SWT
4.     Bershalawat kepada Rasulullah
5.     Berendah hati dan bersuara lembut
6.     Menghadap kiblat
7.     Tidak tergesa-gesa
8.     Khusyu – hadirkan hati dalam berdoa
9.     Mengulang-ulang doa, sunnahnya 3x
10. Mengangkat tangan
11. Suci dari najis & hadast
12. Yakin doa kita akan dikabulkan
13. Tidak meminta selain kepada Allah SWT
14. Berdoa dalam waktu yang lapang & juga sempit
15. Mengakhiri doa dengan bershalawat kepada Nabi

Taken from Kajian Fikih Selasa 14 April 2009 dilengkapi dg materi Kajian Muslimah by Ustadz Fuad Muhsin at Daarul Haliim Mosque..

Rasululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam seorang yang banyak berdoa, memohon dan menunjukkan ketergantungan kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Beliau sangat menyukai kalimat-kalimat yang ringkas namun sarat makna dan juga menyukai ucapan-ucapan doa.
Doa adalah ibadah yang sangat agung, yang tidak boleh dipalingkan kepada selain Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Hakikat doa adalah menunjukkan ketergantungan kita kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala dan berlepas diri dari daya dan upaya makhluk. Doa merupakan tanda Ubudiyah (penghambaan diri secara totalitas kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala). Doa juga merupakan lambang kelemahan manusia. Di dalam ibadah doa terkandung pujian terhadap Alloh Subhanahu wa Ta’ala.
Disamping itu terkandung juga sifat penyantun dan pemurah bagi Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Oleh sebab itu Rasululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya: “Doa itu adalah ibadah” (HR: Tirmidzi)
Di antara doa Rasululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah, yang artinya: “Ya Alloh, tolonglah daku dalam menjalankan agama yang merupakan pelindung segala urusanku. Elokkanlah urusan duniaku yang merupakan tempat aku mencari kehidupan. Elokkanlah urusan akhiratku yang merupakan tempat aku kembali. Jadikanlah kehidupanku ini sebagai tambahan segala kebaikan bagiku dan jadikanlah kematianku sebagai ketenangan bagiku dari segala kejahatan.” (HR: Muslim)
Di antara doa beliau adalah, yang artinya: “Ya Alloh, Yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata. Ya Rabb Pencipta langit dan bumi, Rabb segala sesuatu dan yang merajainya. Aku bersksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku, kejahatan setan dan bala tentaranya, atau aku melakukan kejahatan terhadap diriku atau yang aku tujukan kepada seorang muslim lain.” (HR: Abu Daud)
Demikian pula doa berikut ini: “Ya Alloh, cukupilah aku dengan rizki-Mu yang halal (supaya aku terhindar) dari yang haram, perkayalah aku dengan karunia-Mu (supaya aku tidak meminta) kepada selain-Mu.” (HR: At-Tirmidzi)
Di antara permohonan beliau kepada Alloh Subhannahu wa Ta’ala, yang artinya: “Ya Alloh, ampunilah dosaku, curahkanlah rahmat-Mu kepadaku dan temukanlah aku dengan teman yang tinggi derajatnya.” (Muttafaq ‘alaih)
Rasululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa berdoa memohon kepada Rabb Subhanahu wa Ta’ala baik pada waktu lapang maupun pada saat sempit. Pada peperangan Badar, beliau berdoa kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala hingga jatuh selendang beliau dari kedua pundaknya, memohon kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala agar menurunkan pertolongan bagi kaum muslimin dan menjatuhkan kekalahan atas kaum musyrikin. Beliau sering berdoa untuk dirinya sendiri, untuk keluarga dan ahli bait beliau, untuk sahabat-sahabat beliau bahkan untuk segenap kaum muslimin.
(Sumber Rujukan: Sehari Di Kediaman Rasululloh Shallallahu’alaihi Wasallam, Asy-Syaikh Abdul Malik bin Muhammad bin Abdurrahman Al-Qasim)

Tidak ada komentar: